Loading...

WTP & WWTP – Rumah Sakit

Home/WTP & WWTP – Rumah Sakit
WTP & WWTP – Rumah Sakit 2017-08-24T10:48:40+00:00

WTP & WWTP Lainnya

Komersial Area & Sekolah
Industri
Perumahan

Divisi Bisnis

ArusFilter (arusfilter.id)
M&E Supplier

Rumah sakit adalah tempat yang unik. di dalamnya terdapat orang-orang yang menginap layaknya hotel, ada orang yang bekerja layaknya di kantor, ada juga restoran dan dapur yang melayani orang yang menginap dan bekerja tadi. Lebih rumit lagi, rumah sakit ada alat-alat besar yang mendukung operasionalnya seperti genset, boiler, clarifier (pemasok air panas) dan alat-alat kesehatan seperti mesin haemodialysa, alat penguji darah dan sejumlah peralatan lain.

Dengan budget, sedikit ruang dan analisa kebutuhan, maka akan didapatkan kualitas air bersih yang akan dicapai.

Karena kondisi yang unik tersebut, maka desain kebutuhan air untuk rumah sakit tidak dapat disamakan dengan desain kebutuhan air untuk hotel, hunian/residential, mal atau bangunan komersial lainnya. Desain kebutuhan air untuk rumah sakit harus dibuat unik pula berdasarkan pelbagai aktivitas rumah sakit dan orang-orang di dalamnya yang meliputi, pegawai, pasien, pengunjung dan mesin-mesin di dalamnya.

Contoh yang ekstrim untuk ini misalnya kebutuhan air untuk pasien di unit haemodialysa (cuci darah) yang membutuhkan air reverse osmosis dan steril, para pengunjung membutuhkan air bersih untuk aktivitas mereka di MCK, sementara para unit instalasi gizi membutuhkan tingkat kualitas air minum baik untuk supply pegawai atau para pasien rawat inap.

Jika didetailkan lebih jauh, maka kebutuhan air untuk rumah sakit dapat digolongkan sebagai berikut :

  1. Air bersih (Permenkes 416 tentang standard air bersih) untuk MCK dan kebutuhan umum
  2. Air lunak / soft water –> heat exchanger, mesin sterilisasi di CSSD, clarifier / air panas)
  3. Air Reverse Osmosis yang diaplikasikan untuk :
    – Air minum –> untuk instalasi gizi dan kantin / cafetaria
    – Unit Haemodialysa
    – steam generator di boiler dan alat CSSD
    – laboratorium, biasanya ditambahkan lagi deionizer untuk lebih memurnikannya

Kenyataannya, pendirian rumah sakit tidak didasarkan atas kebutuhan tersebut. Rumah sakit baru yang didirikan biasanya hanya menggunakan filter pasir dan karbon aktif saja. Rumah sakit kemudian akan membuat instalasi air bersih parsial di unit-unit yang membutuhkan tingkat kualitas air lebih tinggi. Hal ini menyebabkan biaya lebih tinggi dan tidak efisiennya ruangan yang digunakan karena pengelola harus menyediakan tempat untuk instalasi air parsial tersebut. Belum lagi masalah estetika, karena rumah sakit modern dirancang lebih nyaman bagi para pasien dan pengunjungnya.

Untuk mendapatkan desain kebutuhan air yang efektif dan efisien baik secara budget dan luasan tempat yang dipakai sebaiknya menyarankan kepada arsitek, konsultan ME bekerja sama dengan specialis water treatment yang faham dengan kebutuhan air rumah sakit.

Hubungi kami:

PT. ARUS TIRTA NIAGATAMA

Jl. Rawapule 1 No. 64 Kukusan Beji Depok 16425
Telp/Fax. (021) 727 123 1

Email: project@arus.co.id / arustirta@gmail.com